Minggu, 24 Oktober 2010

DO YOU KNOW ? (PART I)

Do you know? Sebuah pertanyaan yang bisa kita jawab hanya dengan suatu ilmu, artinya kalau menjawab pertanyaan yang satu harus dijawab dengan sebuah jawaban yang benar-benar kita ketahui tidak asal. Timbul suatu pertanyaan "dari mana dapat kita mengetahuinya?" Jawabannya mungkin berbeda-beda, bisa dari proses belajar secara formal atau informal.
Berikut ini beberapa potongan-potongan tulisan dari berbagai sumber (media), dengan harapan tulisan ini bermanfaat bagi yang membaca. Karena saya yakin dan percaya tulisan ini , mungkin sudah ada yang mengetahui atau belum mengetahuinya sama sekali, dan akhirnya dapat kita ajarkan kepada teman, saudara. murid, dan lain-lain.

Do you know?
  1. Latihan fisik dapat mengurangi bobot akibat obesitas dengan kecendrungan genetik sebesar 40%. Hasil penelitian menjawab pertanyaan para ahli yang mengatakan bahwa obesitas yang diwariskan tidak mungkin diatasi dengan latihan fisik.
  2. Hasil penemuan American Chemical Society, usia paruh baya yang minum dua gelas airbputih sebelum makan lebih mudah menurunkan bobo ketimbang sebayanya yang mengabaikan minum.
  3. Peneliti menemukan dan dimuat dalam Journal of the National Cancer Institute, perempuan yang minum segelas minuman mengandung alkohol per hari, potensi kterkena kanker payudara jadi lebih besar.
  4. Virus penyebab AIDS, yakni HIV , yang ditemukan di air mani ternyata berbeda karestiriknya dengan yang di darah. Hal ini disebabkan karena perubahan yang terjadi di saluran kelamin.
  5. Nafas mengi, bersin,mata berair, serta gejala alergi lainnya, kemungkinan besar akan masuk daftar gejala yang terkait dengan penyakit jantung dan kerap hadir bersamaan. Ini berdasarkan penelitian yang dilakukan dalam skala besar lebih dari 8600 orang dan telah dimuat dalam American Journal of Cardiology.
  6. Tips untuk mengontrol diabetes adalah diet, olah raga, stes emosional karena dapat meningkatkan kadar gula, segera berkonsultasi dengan dokter terhadap infeksi penyakit lalinnya, berobat rutin dengan resep yang tepat.
  7. Dua penyakit paling mematikan dan menakutkan di seluruh dunia, punya keterkaitan satu sama lainnya, khususnya penyandang diabetes tipe 2 karena risiko mengalami kerak otak yang berhubungan erat dengan penyakit Alzheimer bakal meningkat. Ini berdasarkan penelitian Dr. Kensuke Sasaki.
  8. Orang yang hobi ikut kuis dan mengisi teka teki silang (TTS), kemungkinan jadi pikun dapat ditunda lebih lama. Namun, ketika penyakit itu sudah mampir, maka perkembangannya bakal berlangsung cepat.
  9. Rahasia otak otak dalam huruf Arab. Salah satu fungsi otak kanan manusia adalah untuk menangkap obyek vital, termasuk huruf. Namun, khusus untuk tulisan Arab, otak kanan tak digunakan untuk mengenali dan membaca huruf  akibat kompleksnya huruf Arab. Karena itu, untuk membaca tulisan Arab dibutuhkan kemampuan lebih tinggi dibandingkan membaca tulisan dalam Bahasa Inggris.
  10. Kadar kolesterol dapat diturunkan dengan makan lebih banyak ikan ketimbang daging. Makarel dan Salmon ternyata memiliki khasiat untuk jantung. Sebab, kedua jenis ikan itu mengandung asam lemak omega-3, yang secara ilmiah melindungi jantung. Udang dan kerang tinggi kolesterol, namun rendah lemak.
TO BE CONTINUED........




1 komentar: